Typeface Motif Pucuk Rebung Melayu Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan dan mengenalkan warisan budaya Pucuk Rebung Melayu Riau melalui perancangan typeface yang mengintegrasikan motif tersebut. Latar belakang masalah menunjukkan bahwa motif Pucuk Rebung memiliki nilai filosofi yang kaya, melambangkan harapan dan kesuburan. Eksistensi motif ini mulai redup akibat akulturasi budaya dan minimnya pengetahuan generasi muda. Penelitian ini mengangkat motif Pucuk Rebung ke dalam desain typeface yang modern dan adaptif terhadap kemajuan teknologi dan tren tipografi. Metode perancangan yang digunakan adalah metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap Define, dilakukan identifikasi masalah dan pengumpulan data dari berbagai sumber. Tahap Design mencakup brainstorming, pembuatan moodboard, dan studi pengembangan ikonik motif Pucuk Rebung. Tahap Develop melibatkan pengembangan desain huruf dari sketsa ke digital dengan bimbingan dosen. Tahap Disseminate adalah penyebaran typeface melalui media utama dan pendukung seperti poster, manual book, T-shirt, dan lainnya. Hasil perancangan menunjukkan bahwa typeface KUNCUP berhasil menggabungkan keindahan motif Pucuk Rebung dengan bentuk huruf yang sederhana dan modern. Typeface ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap budaya lokal Melayu Riau dan memberikan kontribusi pada keragaman tipografi budaya Indonesia. Saran yang diberikan mencakup pemahaman mendalam filosofi motif, kolaborasi dengan ahli budaya, dan pemberdayaan komunitas lokal untuk pelestarian dan pengenalan typeface ini.
References
Abbey, Sy. (2017). The ABC’s of Handlettering. Jakarta: Haru Publisher.
Abiso, Wanita Subadra. (2017). Metode Perancangan Arsitektur. Bandung: Bahan Ajar Program Studi Arsitektur Universitas Komputer Indonesia.
Afriwan, Hendra. (2015). Rekayasa Tipografi. Padang: Universitas Negeri Padang
Angelina, I, Kahdar, K. (2014) Eksplorasi Motif Pucuk Rebung Dengan Teknik Olah Reka Latar Pada Busana Pengantin Modern, Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa dan Desain
Enita. Ria. (2014). Skripsi : Redesain Motif Pucuk Rebung Kuntum Mambang Dengan Teknik Emboss Program Studi Kriya Tekstil dan Mode.
Guntur, Susiyo. (2017). Perancangan Tipografi Karya Sastra Kahlil Gibran Pada Buku
Hendiyono,S.F. (2017). Perancangan Media Promosi Neezha Florist Toko Bunga dan Boneka di Jepara. (Tugas Akhir). Jepara: Program Sarjana Universitas Islam Nahdlaatul Ulama Jepara.
Jury, David. (2017). What is Typography. Brighton : Ivy Press
Nuraini, Dinda dan Afriwan, Hendra. (2023). Typeface Filosofi Kepemimpinan Minangkabau Jenis Huruf Roman. Jurnal DEKAVE,13(1):49-60
Kartika, Dharsono Sony & Nanang Ganda Perwira. (2014). Pengantar Estetika, Rekayasa Sains, Bandung.
Malik, A, Effendy, T, Junus, H & Thaher, A. (2004). Corak dan Ragi Tenun Melayu Riau. Yogyakarta : Balai Kerajinan dan Budaya Melayu Bekerjasama dengan Penerbit Adicipta.
Mentari (2019) Pengembangan Motif Kain Tenun Songket Siak Khas Riau pada Produk Fesyen Vol.6, No.3
Sihombing, Danton. (2014). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.
Smith, J., & Nguyen, A. (2019). "Cultural Motifs in Typeface Design: A Case Study of Southeast Asian Scripts." Journal of Typography Studies, 6(2), 145-162.
Strizver, Illene. (2014). Type rules!: The Designer’s Guide To Professional Typography. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Sudiana,D. (2001). Tipografi: Sebuah Pengantar. MediaTor. Volume 2 Nomor 2. 325-335
Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain komunikasi visual teori dan aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Susanto, Mikke. (2009) “Abstraksi Valasara”, Katalog Pameran Tunggal Made Wiguna Valasara Marshalling Lines and color. UPT Perpustakaan ISi Yogyakarta.
Valentino, Dion Eko. (2019). “Pengantar Tipografi”. Pekanbaru : Politeknik LP3I Kampus K.
Refbacks
- There are currently no refbacks.