Motion Graphic Panduan Rating Game Bagi Orang Tua
Abstract
Rating game merupakan sebuah aturan yang dibuat untuk mengelompokan game berdasarkan usia yang sesuai dengan usai pemainnya. Rating game sangat penting untuk diketahui orang tua karena menjadi acuan dalam memilih game untuk anaknya. Namun saat ini, masih ada orang tua tidak mengetahui cara memilih game dengan rating game. Oleh karena itu perancangan karya akhir ini bertujuan untuk membuat sebuah panduan cara memilih game dengan menggunakan rating game dalam bentuk video motion graphic yang ditujuakan untuk orang tua. Metode Perancangan yang digunakan yaitu Glassbox yang terdiri dari persiapan, inkubasi, luminasi dan verifikasi. Perancangan ini didasari dari data yang didapatkan melalui kuesoner, studi dokumentasi dan studi literatur. Proses Pemecahan masalah menggunakan analisis 5W+1H (what, who, why, when, wher, dan how). Media utama berupa video motion graphic, selain itu terdapat media pendukung berupa poster (poster cetak dan poster digital), baju kaos, totebag, stiker, gantungan kunci dan pin. Video motion graphic “Panduan Rating Game Bagi Orang Tua” memberikan informasi cara memilih game dengan rating yang bisa digunakan orang tua dalam memilih game untuk anaknya.
Kata kunci: motion graphic, panduan, video game, rating game, orang tua
References
Anggraini, Y., Antoni, C., & Prasetyaningsih, S. (2018). Analisis dan Implementasi Motion Grafis Iklan Layanan Masyarakat ( ILM ) dengan Metode Semiotika Peirce, 1 (1), 64-82.
Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. ANDI OFFSET. Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.