BOARDBOOK INTERAKTIF MENGENAL NAMA-NAMA BULAN PADA TAHUN HIJRIAH
Abstract
Perancangan boardbook interaktif ini bertujuan untuk mengenalkan nama-nama bulan pada tahun Hijriah kepada anak usia dini atau prasekolah. Permasalahan yang ditemukan adalah ketidaktahuan anak-anak tentang tahun Hijriah dan belum banyak bahan bacaan yang membahas secara detail tentang tahun Hijriah sedangkan ilmu agama akan lebih baik diperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, metode perancangan yang digunakan adalah metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahap yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Metode ini dimulai dengan mengamati langsung di lapangan, dilanjutkan dengan mendefinisikan masalah, menentukan ide desain, membuat prototipe desain, dan mendistribusikannya ke target audiens. Media perancangan utama adalah boardbook interaktif sebagai media pengetahuan yang memuat nama bulan dan artinya, tulisan hijaiyah, dan ilustrasi yang menggambarkan peristiwa yang pernah terjadi. Sebagai penunjang, juga dirancang beberapa media lain, seperti; poster, x banner, tote bag, pouch tempat pensil, buku bergambar, sticker set, dan gantungan kunci. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan kepada 10 anak, Informasi yang dipaparkan melalui media kepada target audiens tersampaikan dengan baik dan fitur interaktifnya dapat diinteraksikan dengan baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.