IDENTITAS VISUAL “MUARO BEACH BUNGALOW” DI MANINJAU
Abstract
Muaro Beach Bungalow sebagai penyedia jasa penginapan di tepi Danau Maninjau telah beroperasi sejak tahun 2002. Namun, berdasarkan kajian dalam ruang lingkup Desain Komunikasi Visual, penginapan ini belum memiliki perangkat identitas visual yang mampu merepresentasikan nilai, citra, dan jati dirinya. Permasalahan ini berdampak pada rendahnya eksistensi brand di tengah persaingan penginapan di kawasan Danau Maninjau serta belum optimalnya promosi secara visual baik di media digital maupun media cetak. Perancangan ini bertujuan untuk merancang perangkat identitas visual Muaro Beach Bungalow yang dapat memperkuat citra penginapan, meningkatkan kepercayaan audiens, serta menciptakan diferensiasi dari kompetitor. Metode yang digunakan adalah design thinking yang terdiri dari tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pada tahap empati, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner kepada pemilik dan pengunjung. Masalah yang ditemukan dianalisis dan dirumuskan pada tahap define, sementara ide-ide kreatif dikembangkan pada tahap ideate. Prototipe logo dan perangkat identitas visual lainnya diuji dan divalidasi melalui bimbingan ahli desain untuk memastikan efektivitasnya. Hasil perancangan meliputi perangkat identitas visual dasar seperti logo, tipografi, warna, dan pola yang dituangkan dalam Graphic Standard Manual sebagai panduan pengaplikasian di berbagai media promosi. Dengan perangkat identitas visual yang terstruktur, diharapkan Muaro Beach Bungalow mampu membangun citra profesional dan dikenal luas oleh target audiensnya.
Kata kunci: Identitas Visual, Muaro Beach Bungalow, Design Thinking, Citra Brand, Desain.
References
Rustan, S. (2020). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Levanier, A. (2020). Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Griya Sarana Label. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 7(2), 235–246.
Levanier, A. (2020). Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi Griya Sarana Label. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 7(2), 235–246.
Budelmann, K., Kim, Y., & Wozniak, C. (2010). Brand Identity Essentials. Kaki Bukit: Page One
Budelmann, K., Kim, Y., & Wozniak, C. (2010). Brand Identity Essentials. Kaki Bukit: Page One.
Brown, T. (2009). Change by Design: How Design Thinking Creates New Alternatives for Business and Society. New York: Harper Business.
Lockwood, T. (2009). Transition: How to Become a More Design-Minded Organization. Design Management Review, 20(3), 29–37.
Heldi, Mutia Sari, D., Afriwan, H., Sandra, Y., & Cerah Kurnia Azis, A dalam Ridwan. 2024. UNP SIGAP Logo Design as an Earthquake and Tsunami Disaster. Journal of Community Research and Service , 8(1), 208. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jcrs.
Budelmann, K., Kim, Y., & Wozniak, C. (2010). Brand Identity Essentials. Kaki Bukit: Page One.
Refbacks
- There are currently no refbacks.