BUKU CERITA BERGAMBAR PENGENALAN GANGGUAN TIDUR SLEEP PARALYSIS DENGAN GAYA ILUSTRASI PADA USIA 12-15 TAHUN DI MINANGKABAU
Abstract
Kelumpuhan tidur sering disalahartikan sebagai pengalaman supranatural, termasuk dalam budaya Minangkabau yang dikenal sebagai taimpik siampa. Buku cerita bergambar ini dirancang untuk mengenalkan gangguan tidur ini kepada remaja berusia 12–15 tahun dengan menggunakan pendekatan ilmiah yang dipadukan dengan unsur-unsur budaya setempat. Proses perancangan menggunakan metode design thinking dan melibatkan wawancara dengan psikolog dan individu yang pernah mengalami kelumpuhan tidur. Cerita ini menggabungkan mitos dan informasi faktual untuk menyajikan topik dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Ilustrasi dibuat dengan gaya fantasy yang disesuaikan dengan minat visual remaja. Studi kelayakan menunjukkan bahwa buku ini cocok sebagai media pendidikan berbasis budaya.
Kata kunci : Sleep Paralysis, Cerita Bergambar, Remaja Minangkabau, Edukasi, Budaya
References
misteri-Hantu-Siampa-Sosok-Gaib-Pengganggu-Tidur-Dari-Sumatera-Barat.
H Kara, O. Anlar MY Ağargün. (2014). “Fenomena Sleep Paralysis.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, vol. 7, no. 2, pp. 107–15, https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/701/jbptunikompp-gdl-sriesulast-35012-9-unikom_s-i.pdf.
Noviadji, Benny Rahmawan, and Angga Hendrawan. (2021). “Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Pengenalan Bidang Keilmuan Desain.” Jurnal Desain, vol. 8, no. 2, p. 103, doi:10.30998/jd.v8i2.7930.
GB. Goode. (1962). Sleep Paralysis.
Sholikhah, Annisa Nur, et al. (2023). “Pengetahuan Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Tentang Insomnia Yang Berpengaruh Terhadap Kesehatan Knowledge of Duta Bangsa University Students About Insomnia That Influences on Health.” Jurnal OSADHAWEDYAH, vol. 1, no. 2, pp. 63–65, https://upk.kemkes.go.id/new/lama-waktu-.
Belakang, A. Latar. (2010). Masalah Tidur Pada Remaja SMA. pp. 1–5.
Williianti. (2004-2020). Pengaruh Layout Pabrik Dan Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Terhadap Kelancaran Proses Produksi Pada Pt Keramik Paolo Kota Probolinggo. pp. 6–25.
BPMPP. UNIVERSITAS MEDAN AREA. (2023). Pengertian, 5 Elemen Design Layout, Manfaat, dan Prinsip Pembuatannya.
Asthararianty, and Fanny Lesmana. (2018). “Studi Hermeneutik: Desain Layout Buku Biografi Merry Riana.” Nirmana, vol. 18, no. 1, pp. 13–19, doi:10.9744/nirmana.18.1.13-19.
Novitasari, Venti Diana, and Meirina Lani Anggapuspa. (2021). “Perancangan Buku Ilustrasi Makanan Tradisional Khas Kota Surabaya Untuk Anak Usia 9-12 Tahun.” Jurnal Barik, vol. 3, no. 1, pp. 111–21, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/.
Hidayat, Syarip, and Mochamad Rosidin. (2018). “Visualisasi Desain Karakter Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Pada Papan Permainan Kuliah Seni & Desain.” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), vol. 3, no. 02, p. 278, doi:10.25124/demandia.v3i02.1552.
Hanafiah. (2011). Metodologi Penelitian.
Herlin Simanoah, Ketut, et al. (2022). “Hubungan Antara Durasi Tidur, Tingkat Stres Dan Asupan Energi Dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) Pada Mahasiswa Baru 2020/2021 FKM UNAIR The Relationship Between Sleep Duration, Stressed Level and Energy Intake With Body Mass Index (BMI) Among New Students 2.” Media Gizi Kesmas, vol. 11, no. 1, pp. 218–24.
Mawo, Petronela R., et al. (2019). “Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kadar Hemoglobin Mahasiswa Fakultas Kedokteran Undana.” Cendana Medical Journal, vol. 17, no. 2, pp. 158–63.
Gilang, Lalita, et al.(2017). “Kesesuaian Konteks Dan Ilustrasi Pada Buku Bergambar Untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 8, no. 2, pp. 158–69, doi:10.21831/jpk.v7i2.15799.
Hidayat, Syarip, and Mochamad Rosidin.(2018). “Visualisasi Desain Karakter Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Pada Papan Permainan Kuliah Seni & Desain.” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), vol. 3, no. 02, p. 278, doi:10.25124/demandia.v3i02.1552.
Maswati.(2020).Implementation Of Storytelling With Visual Media To Improve Speaking Ability To Kindergarten. no. 1.
Azza, Irhamillah, et al.(2022). “Pengembangan Buku Cerita Elektronik Dengan Metode Storytelling Pada Teks Dongeng Fabel Di Kelas 2 SD.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, vol. 2, no. 11, pp. 1085–92, doi:10.17977/um065v2i112022p1085-1092.
Pratama, Randa Januario, and I. Nyoman Miyarta Yasa.(2020). “Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Informasi Tentang Stres.” Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, vol. 2, no. 2, pp. 59–66, doi:10.30812/sasak.v2i2.864.
Seni, Penciptaan Karya.(2021). SLEEP PARALYSIS SEBAGAI IDE PENCIPTAAN.
Teori, Landasan, and A. Konsep Tidur.(2010-2012). BAB II, Banyak Dari Buku Potter&Perry 2010. no. 2010.
Refbacks
- There are currently no refbacks.