Semiotika Logo Museum Adityawarman

Viona Dewi Putri, Jupriani -

Abstract

Logo merupakan identitas visual yang penting bagi setiap lembaga, termasuk museum, karena berfungsi sebagai media komunikasi nonverbal yang merepresentasikan visi, misi, nilai, dan karakter lembaga tersebut. Museum Adityawarman sebagai museum kebudayaan di Sumatera Barat, untuk pertama kalinya merancang logo resmi melalui sayembara desain logo museum pada tahun 2022. Logo tersebut mengandung unsur visual bergaya Minangkabau. Namun, makna visual tersebut belum sepenuhnya mencerminkan filosofi budaya Minangkabau. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce dengan analisis ikon, indeks, dan simbol untuk menggali makna yang terkandung dalam logo Museum Adityawarman secara lebih mendalam. Hasil analisis ini diharapkan dapat menjelaskan secara rinci dan mendalam tentang makna tersembunyi yang terdapat pada Logo Museum Adityawarman.

References

Ahmad, Muslimah. 2021. Memahami Teknik pengolahan dan analisis data kualitatif Vol. 1, Nomor

Tahun 2021

Ainun, Nurul & Altri Wahida, & Rian Maming. 2023. Pentingnya peran logo dalam membangun

branding pada UMKM. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah Vol 6 No. 1

Name1

, Name2& Name3

, Short title (max 4 words)

Vol. xx No. x, 20xx

Do not change any thing in footer

Bagus, Pinandito Sabdo, & R. Hadapiningrani Kusumohendrarto. Perancangan Logo UMKM

“Malalugis Bakery” sebagai Strategi Memperkuat Identitas Brand. Jurnal Vol. 1, No. 2

Fadhallah. 2021. Wawancara. Jakarta Timur: UNJ Press, Jakarta Timur

Handayani, Fitri & Ahmad Khairul Nuzuli. 2021. Analisis Semiotika Logo Dagadu. Jurnal Vol. 3 No.

, Juni 2021

Hilmi, Farhan & Maulana Haikal & Asep Kadarisman. 2020. Perancangan Identitas Visual Museum

Talaga Manggung Kabupaten Majalengka. Artikel Vol.7, No 2, Agustus 2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.