Visual Identity Desa Wisata Nagari Tanjuang Bonai

Muhammad Fadil, Heldi Heldi

Abstract

Nagari Tanjuang Bonai merupakan salah satu desa wisata berkembang di sumatera barat, namun dalam pengembangannya, proses pengenalan Nagari Tanjuang Bonai sebagai desa wisata hanya dilaksanakan melalui event yang diadakan pemerintah, setelah itu proses pengenalan tidak lagi dilanjutkan.  Perancangan visual identity ini bertujuan untuk menjadi media pengenal yang informatif, komunikatif dan efektif, sehingga menarik perhatian, mudah dikenali dan diingat demi meningkatkan kunjungan masyarakat dan wisatawan.  Visual identity merupakan sebuah bentuk komunikasi visual yang mampu memicu persepsi serta pengenalan terhadap sesuatu yang perlu dikenalkan kepada khalayak ramai sehingga mampu menarik perhatian dan meningkatkan kunjungan. Metode perancangan menggunakan metode design thinking yang terdiri atas empathize, define, ideate prototype dan test. Serta metode pendekatan menggunakan metode analisis kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threat). Perancangan ini menghasilkan media utama berupa manual book serta media pendukung berupa t-shirt, tumbler, id card, x banner, totebag, payung, surat, stiker, bucket hat, poster dan sosial media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.