Webcomic "Why me?" Sebagai Media Pencegahan Kasus Bunuh Diri Bagi Remaja

Adinda Adilah Yuanda, Dini Faisal

Abstract

Meningkatnya angka kasus bunuh diri di Indonesia kebanyakan disebabkan oleh faktor tekanan mental dari individu seperti masalah mental, depresi. Depresi merupakan salah satu faktor tertinggi pemicu adanya tindakan bunuh diri, hendaknya diperlukan suatu media penyuluhan melalui hal-hal yang akrab dan mudah menarik perhatian bagi para remaja di era modern saat ini. Karena itu perancang menciptakan sebuah perancangan media kreatif dalam bentuk komik web dengan judul “Why me?, dengan harapan perancangan ini menjadi wadah informasi visual tentang penyadaran (Awareness) dan pemahaman masalah gangguan mental (depresi) kepada remaja, sekaligus menjadi media pesan-pesan pencegahan tindakan bunuh diri. Dalam perancangan komik web ini perancang menggunakan metode Four-D. Metode 4D terdiri dari 4 tahapan utama yakni Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Selain perancangan komik web sebagai media utama, ada beberapa media pendukung yang dirancang untuk mempromosikan komik “Why me?” ini seperti poster, X-banner, stiker set, scan QR, buku diary journal, dan gantungan kunci, serta plushie. Adapun hasil pada uji kelayakan yang dinilai oleh target audiens dan ahli validator berdasarkan visual dan konten isi cerita komik keseluruhan mendapatkan nilai rata-rata 92,4, yang berati masuk kriteria sangat baik.

 

Kata kunci: webcomic, remaja, depresi, pencegahan bunuh diri


The increasing number of suicide cases in Indonesia is largely attributed to mental health pressures faced by individuals, such as mental disorders and depression. Depression is one of the highest contributing factors to suicidal behavior. Therefore, there is a need for outreach media that resonates with and captures the attention of modern teenagers. In response, the designer has created a creative media design in the form of a webcomic titled “Why Me?” This design aims to serve as a visual information platform for raising awareness and understanding of mental health issues (depression) among teenagers, while also delivering messages to prevent 

suicide. For this webcomic design, the designer employed the Four-D method, which consists of four main stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. In addition to the webcomic as the primary medium, several supporting materials have been designed to promote “Why Me?” These include posters, X-banners, sticker sets, QR code scans, journals, keychains, and plushies. The results from the feasibility test, evaluated by the target audience and expert validators based on the visual appeal and content of the comic, received an average score of 92.4, indicating that it meets the criteria for being classified as very good.

 

Keywords: webcomic, teen, depression, suicide prevention

 



 


References

Hadi, Fitriwijayati, Usman, & Rosyanti. (2017). Gangguan Depresi Mayor: Mini Review. Vol 9 nomor 1, Juni 2017. Diambil dari: https://myjurnal.poltekkeskdi.ac.id/index.php/hijp/article/download/102/ 62/146. (22 Februari 2024).

Meilanny, Dessy, & Chenia. (2017). Bunuh Diri Dan Depresi Dalam Perspektif Pekerjaan Sosial. Vol 4 nomor 3, Desember 2017. Diambil dari:http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=777168&val

=9993&title=BUNUH%20DIRI%20DAN%20DEPRESI%20DALAM%20PERSPEKTIF

%20PEKERJAAN%20SOSIAL. (22 Februari 2024)

Handrawati, Amira, Maulana, & Senjaya. (2023). Intervensi Pencegahan Bunuh

Diri Pada Remaja: Literature Review. Vol. 23 nomor 2, Agustus 2023.Diambildari:https://ejurnal.universitasbth.ac.id/index.php/P3M_JK BTH/article/download/1084/819. (22 Februari 2024).

Larsson. P. (2018) Breathing Life Into Webcomics. Diambil dari: https://www.divaportal.org/smash/get/diva2:1213462/FULLTEXT01.pdf. (6 Maret 2024).

Sarah. M. (2016) The Photential of Educational Comics As a Health Information Medium. Diambil dari: https://bitly.cx/eLgGq. (16 Mei 2024).

Ricky. N. (2020) Perancangan Webcomic Mengatasi Kecanduan Game Online. Diambil dari:https://ejournal.unp.ac.id/index.php/dkv/article/download/110735/1042 34 . (21 Oktober 2024)

Nova, Riyandi, & Izzati (2023). Perancangan Komik Digital Webtoon The Story Behind Damar Kurung. Vol 10 nomor 1, Januari-April 2023. Diambil dari:https://ojs.unm.ac.id/tanra/article/download/42717/20990. (21 Oktober 2024).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.