Promosi Wisata Labuang Baruak Di Pesisir Selatan

Fajar Islamy, San Ahdi

Abstract

Pariwisata merupakan sektor ekonomi yang signifikan dengan dampak besar pada ekonomi, budaya, dan lingkungan suatu daerah. Pesisir Selatan, sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia, dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, terutama pantai dan alam yang masih asri. Namun, potensi pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan, seperti Pantai Labuang Baruak, belum sepenuhnya terekspos. Pantai Labuang Baruak, yang terletak di daerah Batang Kapas dan dikenal dengan keasriannya, merupakan destinasi tersembunyi yang memerlukan promosi lebih lanjut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya eksposur wisata Pantai Labuang Baruak dengan menggunakan metode 4D, yang meliputi tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Dissemination). Hasil dari metode ini diimplementasikan dalam bentuk video sebagai media utama promosi. Selain itu, media pendukung seperti iklan Instagram (Instagram Ads),  x-banner, poster, kaos (t-shirt), totebag dan stiker juga digunakan untuk memperluas jangkauan promosi. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik wisata Pantai Labuang Baruak, sehingga berkontribusi pada perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kata kunci: Promosi, Wisata, Labuang Baruak

References

Aboe, R. (2020). Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Speaking. 11(1), 33–38.

Barat, M. P. S. (2018). pantai labuang baruak destinasi wisata baru di pesisir selatan.

Erlyana, Y., & Hansen, H. (2021). Pelatihan Fotografi Dan Videografi Secara Virtual Dalam Peningkatan Kemampuan Diri Pada Pandemic Covid-19. 5(1).

Hutomo, R. F. (2017). Rancangan Strategi Promosi Dalam Upaya. 2(3).

Putri, zika atika. (2023). Bukan Beruk! Nama Pantai Ini Unik dan Punya Pasir yang Putih,Ternyata Ada di Indonesia, Pesonanya Sumbar.

Swasta, B. (2018). Promosi. Promosi, 1–62.

Togodly, E., Tarore, H. S., & Tumbel, T. M. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica Di Kabupaten Jayawijaya Elisabet.2(1), 1–8.

Wolah, F. F. C. (2019). Peranan promosi dalam meningkatkan kunjungan. Acta Diurna, 5(2), 1–11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.