Identitas Visual Toko Kayu MK Karya
Abstract
MK Karya merupakan toko kayu yang berdiri sejak 1994, di Lubuk Buaya, Kota Padang. Banyak cerita yang dilalui, terdapat nilai-nilai juang sang Owner untuk menggapai cita-cita. Silaturrahmi yang baik dari Owner dengan lingkungan sekitar, menjadikan Owner dikenal baik bagi masyarakat. Toko yang dirintis sudah besar, memiliki merk, namun masih terkesan umum. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Identitas Visual Toko Kayu MK Karya dengan memunculkan keunikan karakter sang Owner. Penelitian ini menggunakan metode 4D. Tahapan Define terdapat masalah logo yang berkesan umum, sehingga dimunculkanlah karakter Owner untuk dijadikan konsep dan elemen rancangan. Tahapan Design melakukan brainstorming sehingga menemukan key verbal dan key visual yang kemudian diolah menjadi sebuah bentuk. Tahapan Develop mengolah bentuk yang telah didesain menggunakan elemen desain dengan arahan pembimbing. Tahapan Disseminate mengimplementasikan hasil rancangan final ke dalam beberapa media. Validasi data memanfaatan Aritficial Intelligence dari website Brandmark.io menggunakan fitur logo-rank, mendapatkan 66 nilai keunikan dan 100 nilai keterbacaan, serta hasil penyebaran form melalui google form kepada validator dan responden mendapatkan hasil tampilan logo yang sangat baik, informasi yang disampaikan logo sudah baik, logo mudah dikenali serta karakteristik logo yang juga sudah baik.
Refbacks
- There are currently no refbacks.