Game Visual Novel adaptasi Cerita Rakyat Timun Mas
Abstract
Remaja di Indonesia kurang tertarik dengan cerita dari negaranya sendiri. Mereka lebih menyukai cerita-cerita dari luar seperti kartun luar negeri, anime, manga dan manhwa. Pada zaman dulu cerita rakyat memiliki masa kejayaan, sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat, namun sekarang cerita rakyat sudah mulai ditinggalkan dan kehilangan pamor di tengah-tengah masyarakat. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Perancangan game visual novel ini diberi judul “Tale of Promise”. Game visual novel ini dibuat untuk meningkatkan ketertarikan remaja terhadap cerita rakyat timun mas dengan menggunakan berbagai macam elemen seperti cerita, ilustrasi, karakter, musik dan sound effect. Selain merancang media utama, ada beberapa media pendukung yang dirancang untuk mempromosikan game visual novel ini, seperti poster digital, x-banner, teaser trailer, stiker dan gantungan kunci. Uji kelayakan melalui target audience meliputi aspek visual, cerita, karakter dan penyampaian pesan moral. Hasil penilaian dari target audience mendapatkan nilai rata-rata 4,1 yang masuk kedalam kriteria baik dimana pemain berpendapat bahwa game memiliki bentuk visual dan efek audio visual yang menarik dan teknis bermain yang baik, juga pemain mendapatkan pesan moral dari cerita timun mas yang asli setelah selesai bermain game.
References
Anafiah, S. (2015). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Alternatif Bacaan Bagi Anak. Trihayu, 1(2), 259093.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Finaka, A. W. (2018, januari 24). 66,3% masyarakat Indonesia Memiliki Smartphone . Diambil kembali dari Indonesia Baik: https://indonesiabaik.id/
Hermita, R. (2020). Designing a Visual Novel Game in Nusantara Folklore'The Origin of Lake Toba'using Renpy Visual Novel Engine. Sisfotenika, 11(1), 47-56.
Ihsan, D. N. (2020, Desember 20). Ada 945 Cerita Rakyat Di Indonesia, Terbanyak Papua. Diambil kembali dari SoloposStyle: http://www.solopos.com
Lesmana, M. E., Siswanto, R. A., & Hidayat, S. (2015). Perancangan Komunikasi Visual Komik Berbasis Cerita Rakyat Timun Mas. EProceedings of Art & Design, 2(1).
Purwanto, H. (2008, januari 22). Generasi Muda Sekarang Kurang Minati Cerita Rakyat. Diambil kembali dari Antara: https://www.antaranews.com
Sadewa, A. T. P. (2016). Perancangan Game Visual Novel Menggunakan Ren’py. J-INTECH (Journal of Information and Technology), 4(01), 26-32.
Refbacks
- There are currently no refbacks.