Visual Identity “Rumah Kreativ Merangin” Di Kecamatan Bangko, Provinsi Jambi
Abstract
Rumah Kreativ Merangin, sebuah sanggar seni rupa khususnya seni lukis di Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin memerlukan identitas visual yang konsisten dan representatif. Hingga saat ini Rumah Kreativ Merangin telah mengalami beberapa kali perubahan logo namun belum menemukan identitas visual yang autentik dan sesuai dengan nilai-nilai studio. Penelitian ini bertujuan untuk merancang logo yang mampu mencerminkan nilai dan visi Rumah Kreativ Merangin serta meningkatkan memori audiens. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah design thinking yang meliputi tahap empathize, define, ideate, prototype dan test. Pada tahap empati, data dikumpulkan dari Rumah Kreativ Merangin dan pengguna jasa studio. Masalah diidentifikasi pada tahap pendefinisian, dan ide dikembangkan pada tahap ide melalui studi kasus, curah pendapat, dan diskusi. Prototipe logo diuji dan divalidasi oleh dosen ahli untuk memastikan efektivitasnya. Hasil perancangan berupa logo yang memenuhi prinsip kesederhanaan dan mencerminkan nilai-nilai Rumah Kreativ Merangin, serta buku panduan identitas visual yang menjamin konsistensi penggunaan logo di berbagai media. Penilaian para ahli menunjukkan bahwa logo dan identitas visual baru memenuhi prinsip desain yang baik dan representatif. Dengan memiliki identitas visual yang konsisten dan terkelola, Rumah Kreativ Merangin diharapkan dapat meningkatkan pengenalan dan kepercayaan penonton.
References
Wheeler, Alina. (2009. Designing Brand Identity, 2nd ed., Hoboken: John Wiley & Sons.
Capsule. (2007). Design matters, Logos 01. Massachusetts: Rockport Publishers, Inc.
Rustan, S. (2021). LOGO2021: Buku 1. Jakarta: CV. Nulisbuku Jendela Dunia.
Zaki, A., & Sukoco, I. (2018). Use Of Design Thinking At Digital Technology Consultant Company Indie Labtek Bandung. AdBispreneur, 3(2), 123-129.
Purnomo, D. (2013). Konsep Design Thinking bagi Pengembangan Rencana Program dan Pembelajaran Kreatif dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konferensi Nasional “Inovasi dan Technopreneurship” IPB International Convention Center, Bogor, 18-19 Februari 2013, 18–19.
Refbacks
- There are currently no refbacks.