Representasi Budaya Indonesia Dalam Logo G20 Indonesia 2022

Ahmad Fatoni, Juprian Jupriani

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis mengidentifikasi bentuk visual yang ditemukan dari logo G20 Indonesia 2022. Bentuk-bentuk tersebut diidentifikasi guna mengetahui representasi budaya Indonesia yang terdapat di dalam logo G20 Indonesia 2022. Penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Bentuk visual dan makna logo G20 Indonesia 2022 dianalisis melalui teori praikonografis (preiconographical), ikonografis (iconography), dan ikonologis (iconology) yang dikemukakan oleh Edward Panofsky. Unsur visual seperti bentuk, warna, tipografi, yang terdapat pada logo G20 Indonesia 2022 diidentifikasi melalui proses tersebut. Ketiga tahap ini mengkaji makna tersembunyi dari logo G20 Indonesia 2022 yang dikaitkan dengan mentalitas dasar budaya. Tahap ini menjadi dasar pijakan bagi peneliti untuk menganalisis data. Peneliti menganalisis bentuk visual dan makna dari logo G20 Indonesia 2022 untuk mengetahui hubungan antara logo tersebut dengan budaya Indonesia. Analisis tampilan visual dan makna itu dilakukan guna menyimpulkan representasi budaya Indonesia dalam logo G20 Indonesia 2022. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa logo G20 Indonesia 2022 memiliki bentuk dan makna yang merepresentasikan budaya Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.