REDESIGN VISUAL IDENTITY BEEMA HONEY UNTUK MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS

Muhammad Mursyid Al Amin, Aditya Hanum Widarsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang ulang identitas visual Beema Honey, merek madu lokal yang menghadapi masalah konsistensi, ketidakefektifan dan kurangnya kesan elegan pada identitas visualnya. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan desain komunikasi visual, proses perancangan dilakukan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang mencakup analisis, eksplorasi konsep, pengembangan desain, hingga penerapan pada berbagai media seperti logo, kemasan, hingga manual book. Hasil perancangan menunjukkan bahwa identitas visual baru berhasil merepresentasikan nilai-nilai Beema Honey keaslian, kemurnian, dan kemewahan serta meningkatkan persepsi merek di pasar madu premium. Evaluasi dari validator dan responden menunjukkan hasil kategori “Baik” hingga “Sangat Baik”, menandakan bahwa redesign ini efektif memperkuat brand awareness dan citra profesional Beema Honey.

References

Tinarbuko, S. (2012). Desain Komunikasi Visual: Filosofi dan Aplikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Rustan, S. (2014). Mendesain Logo: Panduan Membangun Identitas Visual yang Kuat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Danton, D. (2010). Tipografi dan Identitas Visual. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Askaria, A. (2018). Teori Gestalt dalam Desain Visual. Bandung: ITB Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.