PERANCANGAN UI/UX WEBSITE E-COMMERCE MARRY COMPANY

Agusta Irviano, Ary Ramadhan

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi mendorong pelaku usaha untuk beradaptasi melalui sistem penjualan digital yang lebih efisien. Marry Company, sebagai brand lokal bergaya skatewear, masih menghadapi kendala dalam penyampaian informasi dan proses transaksi karena keterbatasan fitur pada media seperti Instagram, Shopee, dan WhatsApp. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan perancangan UI/UX Website e-commerce Marry Company yang bertujuan menghadirkan media digital yang informatif, menarik, serta memudahkan pengguna dalam mencari dan membeli produk. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang mencakup lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Proses perancangan dilakukan dengan aplikasi Figma untuk desain awal dan Framer untuk pengembangan prototipe interaktif. Uji kelayakan terhadap tiga ahli media memperoleh rata-rata 3,97 atau 79,4% (kategori baik). Setelah dilakukan revisi berdasarkan masukan ahli, validasi selanjutnya dilakukan kepada target pengguna berusia 20–30 tahun menghasilkan nilai 4,37 atau 87,4% (kategori sangat baik). Hasil tersebut menunjukkan bahwa rancangan UI/UX Website e-commerce Marry Company layak dan efektif sebagai media promosi, informasi, dan sarana transaksi digital.

Kata kunci: Perancangan, UI/UX, Website,E-commerce, Mary Company,

References

Rujukan

Ahadiyah, F. N. (2024). Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Peningkatan Bisnis Online. Indramayu: INTERDISIPLIN — Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 41–49.

https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.5

Alamsyah, A., Susilawati, M., & Oktavianty. (2023). Dampak Internet terhadap Akses Informasi Bisnis dan Kontribusinya terhadap Kinerja Bisnis. Pontianak: Politeknik Negeri Sambas (POLTESA), Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS), Vol. 6 No. 1, 222–231.

https://poltesa.ac.id/sehatiabdimas

Adhitya, W. R., Teviana, T., Sienny, Hidayat, A., & Khaira, I. (2024). Implementasi Digital Marketing Menggunakan Platform E-Commerce dan Media Sosial terhadap Masyarakat dalam Melakukan Pembelian. Medan: Universitas Negeri Medan, Jurnal Terapan Informatika Nusantara (TIN), 5(1), 63–72.

https://doi.org/10.47065/tin.v5i1.5293

Ulfah, C., & Yulianita, N. (2024). Pemanfaatan Platform E-Commerce sebagai Media Promosi Dunia Fashion dalam Pasar Digital. Bandung: Universitas Islam Bandung, Jurnal Avant Garde, 12(1), 137–152.

https://doi.org/10.55927/avantgarde.v12i1.6325

Sari, A. P., & Suhendi. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Talent Film Berbasis Aplikasi Web. Jakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri, Jurnal Informatika Terpadu, 6(1), 29–37.

https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT

Rahmawati, M., Susandi, M., & Zhafira, A. (2019). Penerapan Design Thinking pada Usaha Pengembangan Budi Daya Ikan Lele di Desa Pabuaran, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta, Baskara: Journal of Business and Entrepreneurship, 2(1), 55–64.

https://doi.org/10.24853/baskara.2.1.55-64

Candra, A. F. M. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Rancang Prototipe Aplikasi Berbasis Web Sistem Peminjaman Dokumen Arsip Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jawa Timur: PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik. Jakarta: Vol. 2 No. 04, hlm. 7-16.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.