PROMOSI BATIK PADANG SARI DHARMASRAYA

Muhammad Syukron, Aditya Hanum Widarsa

Abstract

Batik Padang Sari merupakan salah satu usaha produksi batik di Dharmasraya yang mengembangkan motif yang terinspirasi dari kekayaan alam Dharmasraya. Batik ini memiliki banyak potensi ekonomi dan budaya. Namun, Masyarakat luas masih banyak yang belum mengetahui produk dari Batik Padang Sari. Hal ini disebabkan oleh pihak dari Batik Padang Sari selama ini belum memiliki media promosi yang optimal untuk mengenalkan produknya. Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan media promosi berupa audio visual dan memperkenalkan kepada Masyarakat Indonesia bahwa Batik Padang Sari merupakan salah satu bentuk karya representasi dari Dharmasraya. Metode yang digunakan dalam perancangan adalah metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta analisis SWOT. Konsep perancangan media promosi audio visual berupa video yang berisikan informasi mengenai Batik Padang Sari dan proses pembuatannya dan didukung oleh media cetak seperti poster dan banner. Promosi ini memperlihatkan geografis, proses, dan ciri khas Batik Padang Sari dengan strategi komunikasi visual yang dapat menjangkau audiens muda hingga dewasa melalui sinematografi.

References

Herawati H, Muslikah M. Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat. Kinerja. 2020;2(01):17–35.

Puspitarini DS, Nuraeni R. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. J Common. 2019;3(1):71–80.

Widyanto I, Albetris A. Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Padat Wardah Pada PT Pargon Tecnology and Inovation (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi STIE Graha Karya Muara Bulian). J-MAS (Jurnal Manaj dan Sains). 2021;6(1):138.

Persada MEP. Pusat Pendidikan Desain Komunikasi Visual Modern di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta; 2015.

Vardiansyah D. Filsafat Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Indeks; 2008.

Sanjaya W. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada; 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.