IDENTITAS VISUAL PINUKUIK ETEK ENGGI DI KECAMATAN BATANG KAPAS
Abstract
Pinukuik Etek Enggi sebagai pelaku usaha kue tradisional belum memiliki identitas visual yang jelas dan konsisten untuk merepresentasikan nilai dan karakter brand-nya. Selain itu, belum ada keterpaduan antara identitas visual dan media promosi yang digunakan, sehingga kurang memberikan kesan kuat kepada audiens. Penelitian ini bertujuan merancang ulang identitas visual Pinukuik Etek Enggi agar sesuai dengan karakter, visi, dan misi perusahaan, sehingga dapat memperkuat citra brand, meningkatkan daya tarik, serta memaksimalkan potensi usaha. Metode yang digunakan adalah design thinking dengan tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi literatur yang relevan, kemudian dianalisis menggunakan metode SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Prototipe logo yang dirancang untuk tahap awal diuji dan divalidasi oleh dosen ahli melalui asesmen untuk memastikan efektivitas dan akurasi. Hasil perancangan berupa perangkat identitas visual seperti logo, tipografi, dan palet warna yang diterapkan secara konsisten pada berbagai media promosi. Selain itu, disusun Graphic Standard Manual sebagai panduan penggunaan elemen visual agar identitas brand tetap konsisten dan terkelola dengan baik dalam jangka panjang.
Kata kunci: Identitas Visual, Pinukuik Etek Enggi, Design Thinking, SWOT, Desain.
References
Tim Penulis. Elemen visual dalam perancangan brand identity. Inside Journal. 2024;15(2):23-45.
Media. Pentingnya peran logo dalam membangun brand. Humaniora. 2013;4(1):191-202.
Wijaya PY. Tipografi dalam desain komunikasi visual. Jurnal Desain Komunikasi Visual. 2020;7(1):47-54.
Wijaya PY. Tipografi dalam desain komunikasi visual. Jurnal Desain Komunikasi Visual. 2020;7(1):47-54.
Kembaren YA, Kartono G, Mesra M. Analisis karya poster berdasarkan unity, layout, tipografi, dan warna. Gorga: Jurnal Seni Rupa. 2020;9(1):121-126.
Varlina V, Maulini C. Analisis Representasi dan Budaya Visual Logo Haus! Terhadap Brand Attractiveness di Kalangan Anak Muda. GESTALT: Jurnal Desain Komunikasi Visual. 2020;5(1):15-24.
Brown, T. (2009). Change by design: How design thinking creates new alternatives for business and society. HarperBusiness.
Refbacks
- There are currently no refbacks.