PROMOSI SEKOLAH LUAR BIASA CENDANA DURI

Syifa Nabila, Fauzan Aulia

Abstract

SLB Cendana Duri adalah lembaga pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di Duri, Riau. Minimnya media promosi yang kendala utama dalam menyampaikan informasi tentang SLB Cendana Duri kepada masyarakat, terutama bagi orang tua anak berkebutuhan khusus. Informasi yang terbatas menyebabkan rendahnya kesadaran dan minat masyarakat terhadap sekolah ini. Oleh karena itu, dirancang sebuah strategi promosi sebagai media promosi visual yang informatif dan komunikatif. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang melibatkan tahap analisis mengidentifikasi masalah, perancangan visual, pengembangan media, dan penyebaran. Hasil perancangan berupa buku profil dalam bentuk media cetak, serta media pendukung seperti poster, brosur, x-banner, kalender meja, map folder, dan polo shirt. Media ini ditujukan bagi orang tua anak berkebutuhan khusus dan masyarakat umum, dengan harapan dapat meningkatkan eksistensi SLB Cendana Duri di tengah persaingan sekolah luar biasa lainnya. 

References

R. W. Putra, Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Penerbit ANDI, 2021.

A. T. Davega, Perancangan Vidio Iklan Sebagai Media Promosi. CV Batam Publisher, 2022.

K. A. Sary, “Media Booklet Company Profile CV. Sary Cards Samarinda Penunjang Aktifitas Komunikasi Pemasaran,” J. Anal. Sos. Polit., vol. 4, no. 2, pp. 79–85, 2020.

R. Kriyantono, Public Relations Writing: Media Public Relations Membentuk Citra Korporat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

L. G. Abdulhafizh and D. Djatiprambudi, “Perancangan Company Profile,” J. Barik, vol. 1, no. 1, p. 114, 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.