ANALISIS VISUAL DESAIN KEMASAN MAKANAN RINGAN “FLOATY”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis secara mendalam mengenai makna dan pesan dari desain kemasan produk Floaty. Permasalahan yang terdapat dalam desain kemasan Floaty yaitu terdapat pada karakter kucing yang membuat produk terlihat seperti makanan untuk hewan peliharaan, Sehingga menghambat keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes yang terdiri dari dua tahapan yaitu denotatif dan kontatif, untuk memahami makna dan pesan yang disampaikan melalui elemen visual. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa lima elemen desain, yaitu ilustrasi kucing, informasi yang kurang jelas, pemilihan warna, dan tata letak, dapat menyebabkan kesalahpahaman di kalangan konsumen. Meskipun elemen-elemen tersebut menarik perhatian, di sisi lain juga menciptakan persepsi yang menghambat pemahaman yang tepat. Sehingga dapat menekankan pentingnya komunikasi yang jelas dalam desain kemasan agar produk dapat diposisikan dengan baik di pasar. Saran yang diberikan mencakup desain yang efektif harus mampu menyampaikan pesan dengan jelas agar tidak menimbulkan kebingungan.
Kata kunci: Desain Kemasan, Elemen visual, Floaty, Semiotika
References
Maritza, A. F., Fhatir, A., Damayanti, S., & Gusno, Y. W. (2025). Persepsi Mahasiswa Terhadap Desain Kemasan Floaty: Tinjauan Elemen Visual. DEKAVE, 15(1), 27–36. https://doi.org/10.24036/dekave.v11i1.xxxx
Sudjana. (2020). Desain Kemasan Produk (Analisis Perbandingan: Efektivitas Pelindungan Desain Industri atau Merek ). Jurnal Ecodemica, 4(1), 118. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica
Sutanto, A. (2020). Peta Metode Desain. In Jakarta: Universitas Tarumanagara. https://lintar.untar.ac.id/repository/penelitian/buktipenelitian_10392040_2A150721144147.pdf
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif : Konsep , Prosedur , Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. 5, 200.
Refbacks
- There are currently no refbacks.