PROMOSI TENUN SONGKET UNGGAN KABUPATEN SIJUNJUNG, SUMATERA BARAT
Abstract
Tenun Songket Unggan merupakan kerajinan khas nagari unggan kabupaten sijunjung sumatera barat. Tenun memiliki potensi dikembangkan sebagai ikon nagari unggan. Namun songket unggan belum dikenal oleh masyarakat sumatera barat dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Promosi telah dilakukan, namun belum optimal sehingga eksistensinya tidak terlalu terlihat. Perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan eksistensi songket unggan sebagai ikon lokal. Metode yang digunakan adalah metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta analisis SWOT. Gagasan konsep untuk memecahkan permasalahan yang ditentukan berupa media promosi yang diharapkan mampu menjadi solusi. Media tersebut berupa video yang ditayangkan di platform digital serta media pendukung cetak seperti poster dan banner. Promosi ini menonjolkan nilai budaya, proses tradisional, serta kekhasan motif songket, khususnya motif “Unggan Saribu Bukik” dan “Lansek Manih”. Strategi komunikasi visual yang digunakan dirancang untuk menjangkau audiens muda hingga dewasa melalui narasi visual dan emosional.
Kata kunci: Songket, Promosi Budaya, Desain Komunikasi Visual, Sumatera Barat, Audio Visual
References
Mamonto, Tumbuan, Rogi. Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2021;9(2):110–21.
Wiro. Pengaruh Promosi di Instagram dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung di Pariwisata Puncak Mas Bandar Lampung. Bandar Lampung: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya; 2018.
Persada MEP. Pusat Pendidikan Desain Komunikasi Visual Modern di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta; 2015.
Vardiansyah D. Filsafat Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Indeks; 2008.
Kotler P, K LK. Manajemen Pemasaran. 1st ed. Jakarta: Erlangga; 2009.
Sanjaya W. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada; 2016.
Winayu GA. Perancangan Promosi Wisata Bahari Pantai Menganti Kebumen. Bandung: Universitas Pasundan; 2016.
Sandita S. Makna Pesan Melalui Teknik Kamera Pada Film Pendek Indonesia (Analisis isi Pada Film “Indonesia, Jawaban dari sebuah Pencarian” Karya Sugianto). Malang: Universitas Muhammadiyah; 2019.
Sadiman AS. Media Pembelajaran, pengertian, pengembangan, penempatan. Jakarta: Rajawali; 1984.
Heldayanti H, Jumadi J, Salim A, Utama AH. Pengembangan Video Promosi UMKM untuk Mendukung Pemasaran di Era Digital. 2024;5(2):195–222.
Refbacks
- There are currently no refbacks.