e-komik cerita warisan gunung padang

bama satria, Heldi -

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini diambil dari fenomenadimana kurangnya minat masyarakat terutama generasimuda dalam mempelajari sejarah yang ada di Indonesia terutama di Gunung Padang sehingga pengunjung belummengetahui Sejarah Gunung Padang yang sedang merekakunjungi. Tujuan dari penelitian ini adalah merancangkarya e-komik bertema edukasi mengenai sejarah GunungPadang. Perancangan komik menggunakan alur dariDesign Thinking yang memuat komponen empathize, define, ideate, protype, dan test. Penciptaan komik tersebutmenceritakan seorang tokoh remaja yang kedatangan tamudari luar kota yang tertarik untuk mempelajari tentangsejarah warisan budaya yang ada di Gunung Padang.  Komik ini dirancang dalam bentuk web komik dengandesain karakter yang menarik dan alur cerita yang simple serta mudah di mengerti, selain itu komik ini juga akan di publikasikan pada webtoon agar pembaca dapat mengakseskomik tersebut dengan mudah.

References

Abdillah, E. R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Penggunaan Media Komik Pemelajaran IPA Pada Siswa Kelas V Sdn 2 Sirnoboyo Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Pacitan).

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8.

Meriyati, H. (2023). Memahami karakteristik anak didik.

Putri, S. A., Sari, D. I., Marzuki, K., & Taryana, A. (2022). Penerapan Design Thinking Eco-Boba dalam Pemanfaatan Limbah Cacahan Plastik dan Kemasan Paket E-commerce. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 3(2), 71-81.

Suyati, T., Yulianti, P. D., & Rakhmawati, E. (2020). Validasi Komik Asertif Organ Reproduksi Seri “ Bagian Tubuh ” ( Prevensi Kekerasan Seksual pada Anak Usia Dini ). 6(2), 190–199.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.