PERANCANGAN CITY BRANDING KABUPATEN GRESIK

Aryo Bayu Wibisono, Putri Safitri, Intan Triwahyu P, Rich Al-Bahy Sutopo

Abstract

Kabupaten Gresik merupakan salah satu kota dari Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak macam potensi yang bisa dikembangkan menjadi identitas kota yang kuat. Perancangan ini dilakukan dengan tujuan dapat menciptakan citra Kabupaten Gresik dan menyatukan antara citra kota industri, kehidupan masyarakat Kabupaten Gresik, kepercayaan masyarakatnya, dan juga tradisi unik yang hanya dapat ditemukan di Kabupaten Gresik. Strategi Perancangan City Branding ini dilakukan dengan cara menelaah visi dan misi dari Kabupaten Gresik, bertujuan memberi sudut pandang lain citra Kabupaten Gresik yang tidak hanya melekat sebagai kota industri, serta waktu perancangan ini dilakukan dengan cara berkala. Perancangan mengumpulkan data dengan cara pendekatan kualitatif dan didukung oleh data kuantitatif. Pengumpulan data di dapat dengan melalui hasil wawancara mendalam, studi observasi dan dokumentasi. Sedangkan data pendukung kuantitatif yakni dengan metode kuesioner internal kota dan eksternal. Pada Perancangan City Branding ini diharapkan dapat berdampak menjadi citra baru dan membangun identitas kota untuk Kabupaten Gresik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.