TYPEFACE UKIRAN PUCUAK RABUANG MASJID RAYA SUMATERA BARAT
Aditya Elang Pradana, Hendra Afriwan
Abstract
Masjid Raya Sumatera Barat menampilkan elemen grafis yang kaya pada ornamen di sekeliling masjid terkhususnya pada dinding masjid bagian luar terdapat motif kain songket yang terdiri dari beberapa ukiran khas minangkabau, yang salah satunya ialah ukiran pucuak rabuang. Ukiran pucuak rabuang yang terdapat pada masjid Raya Sumatera Barat merupakan motif ukiran yang sudah sedikit dimodifikasi dan berbeda dengan aslinya. Walaupun arsitektur dari masjid raya Sumatera Barat sudah sangat kental dengan konsep Minangkabau, namun masih belum terdapat visualisasi Minangkabau disekitaran masjid raya Sumatera Barat berupa environmental desain baik pada penanda nama masjid raya dibagian depan maupun disekitaran dari masjid raya Sumatera Barat. Untuk itu dibutuhkan sebuah perancangan yang dapat menunjang elemen grafis Minangkabau pada enviromental desain masjid raya Sumatera Barat guna meningkatkan awerness dari masjid raya sebagai salah satu ikon Sumatera Barat. Oleh karena itu, perancangan difokuskan pada pembuatan typeface baru berlandaskan ukiran pucuak rabuang, mengingat typeface merupakan elemen krusial dalam enviromental desain. Metode perancangan yang digunakan adalah metode 4D melalui analisis data 5W+1H.Hasil dari perancangan ini adalah typeface baru jenis huruf dekoratif meliputi krakter huruf besar, huruf kecil, angka, dan tanda baca yang disajikan dalam bentuk visual melalui media, manual book, poster, signage, stiker, kalender, pembatas al-quran, dan motion graphic.
References
ADMINLP2M. (2022, March 4). Mengenal Metode Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 4D. LP2M. https://lp2m.uma.ac.id/2022/03/04/mengenal-metode-pengembangan-perangkat-pembelajaran-model-4d/
Aisyah Siti. (2018). Pola Dasar dan Makna Ukiran Motif Rumah Gadang Koto Sani Kecamatan X Koto Singkarak Sumatera Barat. Jurnal Desain & Seni, 5, 401–416.
Danton Sihombing MFA. (2015). Tipografi dalam Desain Grafis. Gramedia Pustaka Utama.
Ernawita. (2024, December 1). Motif Minang Pucuk Rabuang Makna Filosofis di Balik Karya Seni. RRI. https://www.rri.co.id/hiburan/1160856/motif-minang-pucuk-rabuang-makna-filosofis-di-balik-karya-seni
Islahuddin, Y., Fahrizal, E., & Olivia, S. (2022). Kajian Ornamen Secondary Skin Masjid Raya Sumatera Barat. Seminar Nasional Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh, 122–134.
Ismi, T. (2021, March 22). 5 Jenis Environmental Graphic Design dan Perannya dalam Kehidupan Kita. Glints. https://glints.com/id/lowongan/environmental-graphic-design-adalah/
Purnomo, R., & Kusumandyoko, T. C. (2017). Perancangan Typeface Dengan Tema Motif Ukir Jepara. Jurnal Seni Rupa, 05. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/21618