Kampanye Sosial Darurat Pelecehan dan Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan

Tiera Salwa Mufidah, Fauzan Aulia

Abstract

Kekerasan dan pelecehan seksual terhadap perempuan merupakan isu sosial yang semakin mengkhawatirkan di Indonesia. Kampanye sosial sebagai media komunikasi massa memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesadaran dan empati publik. Perancangan ini bertujuan untuk merancang dan merealisasikan kampanye sosial melalui media utama berupa poster yang menggunakan fotografi ekspresif sebagai elemen visual utama sebagai bentuk penyampaian pesan darurat kekerasan seksual terhadap perempuan. Metode yang digunakan adalah 4D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Target audiens adalah remaja dan dewasa muda berusia 17–35 tahun. Kampanye ini diwujudkan melalui serangkaian fotografi ekspresif yang dituangkan pada media kampanye. Kampanye ini sebagai upayas membuktikan bahwa media visual mampu menjadi jembatan empati yang kuat dalam mengangkat isu sosial.

References

WHO. Violence Aginst Women. 2021.

Perempuan K. Laporan Tahunan Komnas Perempuan tentang Kekerasan terhadap Perempuan di Ruang Publik dan Cyber. Jakarta; 2023.

Eastwood E. What , can ’ t you take a Compliment? A Qualitative Study of Catcalling A qualitative study of catcalling. 2015;

Yunita, Farhan. Pelecehan Non-Verbal di Transportasi Umum: Studi Kasus. J Kriminologi dan Sos. 2021;14(1):65–80.

Darmawan. Komunikasi Massa: Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta; 2017.

Badar TI. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group; 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.