Visual Identity Usaha Oleh – Oleh Dan Catering Faiz
Abstract
Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki keanekaragaman budaya, adat istiadat, Bahasa, kepercayaan, hingga makanan khas yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Keanekaragaman ini membuat Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata liburan yang menarik. Salah satu kota yang menjadi bagian dari pesona wisata Indonesia adalah Sawahlunto, yang terletak di sebelah timur laut Kota Padang. Sawahlunto menyimpan banyak destinasi wisata bersejarah peninggalan kolonial Belanda, yang membuat kota ini diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2019. Meningkatnya jumlah wisatawan domestik dan mancanegara membuka peluang besar bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk meraih keuntungan lebih melalui bisnis oleh-oleh khas daerah. Salah satu contoh usaha UMKM yaitu usaha Oleh - Oleh dan Catering Faiz. Usaha ini berlokasi di Talawi Kota Sawahlunto, yang berdiri pada tahun 2010 oleh Susilawati. Mengingat lamanya usaha ini beroperasi, namun kurang mendapat perhatian dari audiens karena belum memiliki logo yang dapat mewakili identitasnya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini untuk merancang visual identity untuk menghasilkan sebuah identitas visual yang tepat dan lebih dikenal serta meningkatkan nilai brand dan kepercayaan audiens. Perancangan dimulai dengan mengumpulkan data verbal, kemudian memunculkan ide – ide kreatif dan inovatif, dengan menggunakan unsur verbal dan visual yang menarik.
Kata kunci: indonesia, kuliner, sawahlunto, usaha, desain
Refbacks
- There are currently no refbacks.