Identitas Visual Kue Bawang "Ayuni"
Abstract
Kue Bawang Ayuni merupakan sebuah usaha UMKM yang bergerak dibidang snack tradisional yang berlokasi di kota Padang. Usaha ini telah dimulai sejak 9 tahun yang lalu. Masalah yang ditemukan dalam produk ini yaitu belum adanya identitas visual pendukung untuk perkembangan produk ini di pasaran. Kue bawang ayuni hanya menggunakan label dan kemasan sederhana sehingga tidak adanya daya tarik masyarakat. Padahal pada umumnya, tampilah suatu produk menjadi daya tarik utama bagi calon konsumen. Metode yang digunakan dalam perancangan ini yaitu metode desain thinking dengan lima tahapan yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Perancangan ini menghasilkan output berupa sebuah desain identitas visual berupa logo yang tersajikan didalam media utama berupa Visual Identity Guidline serta beberapa elemen dan media pendukungnya untuk memaksimalkan potensi kue bawang ayuni dipasaran. Hasil uji kelayakan akhir yang diuji melalui ahli serta owner menunjukkan hasil yang baik baik secara bentuk identitas, penggunaan, serta pengaplikasiannya.
Keywords: Kue Bawang, UMKM, Visual Identity, Desain Thinking, Snack
References
Dian Larasati Putri R, Dian Larasati Putri Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur Widyasari Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur Alamat R, Raya Rungkut Madya No J, Anyar G, Timur J. Pengembangan Konsep Desain Identitas Visual Melalui Penggunaan Supergrafis pada Media Sosial Diskominfo. SENIMAN. 202Nov;1(2):322–40.
Valentina Utami. Pentingnya Identitas Visual Bagi Sebuah Brand. 2018 Diakses melalui: https://toffeedev.com/blog/digital-marketing/pentingnya identitas-visual-bagi-sebuah-brand/
Sri Soedewi, Arry Mustikawan, Wirania Swasty. Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website UMKM Kirihuci. 2022 Apr;10(2):79–96
Surianto Rustan. Huruf, Font, Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2011.
Refbacks
- There are currently no refbacks.