Desain Kemasan Pangek Lapuak Limadara

Mutiara Fajri, Ariusmedi Ariusmedi

Abstract

Pangek Lapuak merupakan makanan Sumatera Barat. Makanan ini dijual dengan  Brand “Limadara”. Pangek Lapuak sebelumnya memiliki kemasan hanya sebagai wadah atau tempat produk saja, maka  dari itu kemasan  di desain tidak hanya sebagai wadah atau tempat produk  saja. Kemasan akan di desain sebagai komunikasi dan promosi untuk meningkatkan brand awareness.  Kemasan di desain dengan tema Bundo Kanduang, logo yang berbentuk tingkuluak dan pattern pucuak rabuang pada songket yang sering digunakan oleh bundo kanduang. Strategi kreatif akan mendorong para konsumen untuk lebih tertarik melalui kemasan dan penasaran terhadap brand dan produk “Limadara”. Kemasan yang sudah memaksimalkan fungsi sebagai media promosi dengan tampilan visual yang menarik, akan meningkatkan brand awareness dari “Limadara”. Metode analisa data yang digunakan yaitu analisa SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman). Proses mendesain dimulai dari observasi dan wawancara dengan owner “Limadara” untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam mendesain kemasan pangek lapuak “Limadara” ini. Media  utama  dalam mendesain ini berupa kemasan dan media pendukung  poster, x banner, kartu nama, stiker, t-shirt, feed instagram dan paper bag.

 

Kata kunci: kemasan, brand awareness,pangek lapuak.

References

Tiopan Topo Guntur, 2014. “Pengaruh Brand Image Dan Package Terhadap Keputusan Pembelian Pada Air Minum Kemasan Merek Aqua Di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Medan Area”. Skripsi tidak diterbitkan. Medan : Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area.

Adminlp2m. 2022 “ mengenal Metode Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metde 4D. Artikel LP2M Universitas Medan Area.

Wasil. 2017. Forum Ekonomi. Pengaruh Brand Awareness Brand Association dan, 19(2) : 142.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.