Re-Design User Interface/User Experience Aplikasi Bank Riau Kepri Syariah Mobile

Intan Andrina Girva, Rifqi Aulia Zaim

Abstract

 

Bank Riau Kepri Syariah, satu-satunya bank daerah milik pemerintah provinsi Riau dan Kepulauan Riau, merilis produk mobile banking pada App Store dan Playstore di tahun 2020 dengan nama BRKS Mobile yang mana belum mendapat umpan balik  yang baik dan kurang memuaskan dari pengguna. Metode perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking (Empathize, Define, Ideate, Prototype, Test). Perancangan ini bertujukan untuk memperbaiki user interface dan user experience aplikasi mobile banking BRKS Mobile. Selain merancang media utama, ada beberapa media pendukung yang dirancang untuk mempromosikan game visual novel ini, seperti poster, x-banner, brosur, kalender, media sosial, dan mug. Uji kelayakan melalui target audience meliputi aspek kejelasan informasi, keterbacaan teks, estetika visual, konsistensi desain, alur navigasi, interaksi, dan fungsionalitas. Hasil penilaian dari target audience mendapatkan nilai rata-rata 4,33 yang masuk kedalam kriteria baik dimana pengguna berpendapat bahwa game memiliki visual dan pengalaman yang menarik.

 

 

References

Suryadharma and T. Budyastuti, Sistem Informasi Manajemen. Ponogoro: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

A. Nur Aieni Anissa Hakim Purwantini and U. Muhammadiyah Magelang Jalan Tidar, “EXPLORING THE USE OF MOBILE BANKING: A TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL APPROACH EKSPLORASI PENGGUNAAN MOBILE BANKING: PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL.” [Online]. Available: www.sharevision.com

Anonim, “Apa Itu Mobile Banking Syariah,” BRK Syariah Institue. Accessed: Dec. 19, 2023. [Online]. Available: https://brks-institute.com/edukasi/apa-itu-mobile-banking-brk-syariah/

A. S. Hussein, Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.