Desain Kemasan Produk Teh Herbal “Hilya Dry Fruit”

Islamiati Herlim, Hendra Afriwan

Abstract

 

Perkembangan industri produk herbal semakin berkembang di Indonesia, khususnya di Kota Padang. Salah satu produk herbal yang paling sering dikonsumsi oleh dimasyarakat yaitu produk teh herbal. Produk teh herbal sendiri bukan hanya dari daun teh kering saja, bisa dari buah dan bunga yang dikeringkan. Salah satu teh herbal dari bunga yang bisa konsumsi yaitu Bunga Telang. Teh bunga telang, dikenal karena manfaat kesehatan dan warnanya yang mencolok. Salah satu produsen yang memproduksi produk ini adalah UKM bernama Hilya Dry Fruit yang berlokasikan di Villa Permata Putri 3 Blok D no. 6, Kel. Koto Tangah, Kec.Koto Panjang Ikur Koto, Kota Padang, Sumatera Barat.

Teh Bunga Telang dari Hilya Dry Fruit sendiri masih belum mempunyai bentuk kemasan yang tetap dan tidak memiliki ciri khas. Oleh karena itu desain kemasan yang akan dibuat berfokus pada desain yang bertujuan meningkatkan daya tarik estetika, menaikan daya saing dan sesuai dengan prinsip dan fungsi desain kemasan. Desain kemasana ini menggunakan metode perancangan 4D (define, design, develop, disseminate), serta metode analisis data menggunakan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats).

Desain kemasan ini memiliki media utama yang terdiri dari kemasan primer (gusset aluminium foil) dan kemasan sekunder (kemasan karton). Perancangan karya akhir ini juga memiliki media pendukung diantaranya kemasan sachet, paper sleeve, mug dan tote bag. Hasil akhir perancangannya kemudian diuji melalui 1 tahap uji kelayakan.

Keywords: desain, kemasan, teh bunga telang, teh herbal, berdaya saing

Refbacks

  • There are currently no refbacks.