Identitas Visual Bedak Dingin Minang Produk UMKM di Kabupaten Padang Pariaman

Ulfiya Zahrani, Dwi Mutia Sari

Abstract

Dilihat dari target audiens yang sekarang masi banyak masyarakat luas yang belum mengenal produk alami seperti Bedak Dingin Minang dikarenakan belum memiliki identitas tersendiri di bidang usaha Bedak Dingin Minang. Hal ini sangat diperlukan untuk mengembangkan perancangan identitas visual Bedak Dingin Minang agar bisa menjadi ciri khas yang dapat dikenal oleh konsumen. Adapun manfaat dalam perancangan identitas visual bedak dingin minang ini adalah untuk meningkatkan nilai jual dari produk tradisional bedak dingin agar produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) lebih di tingkatkan kualitas pemasarannya, maka diperlukan identitas yang mendukung seperti logo yang akan menjadi suatu merek tersendiri darinya bedak dingin minang agar lebih mudah dijangkau serta dikenal oleh masyarakat luas. Identitas Visual yang dirancang akan menghasilkan nilai yang sangat berharga bagi produk UMKM Bedak Dingin Minang. Sebagai identitas usaha dari objek perancangan agar usaha UMKM tersebut lebih dikenal dan dijangkau oleh masyarakat luas dengan mengangkat nama minang sebagai tempat tumbuh dan lahirnya sumber daya alam dedaunan yang bermanfaat dijadikan sebagai masker wajah dan bedak dingin juga mempertahankan produk sejenis bedak beras yang berasal dari minang.

 

 

References

(1) Kusbiantoro,Bram, dan Rakhmi, Ami Teja. Review : gamma oryzanol potensi tersembunyi dalam produk samping padi. [Internet]. 2012. Tersedia dari: https://jatim.litbang.deptan.go.id/ind/index.php/publikasiprosidingmakalah-penunjang-poster2012/250-review-gamma-oryzanol-potensi-tersembunyi-dalamproduk-samping-padi

(2) Ersyad, F. A. Semiotika Komunikasi dalam Perspektif Charles Sanders Pierce. CV. Mitra Cendekia Media ; 2022

(3) Rustan, S. Mendesain logo. Gramedia Pustaka Utama ; 2013

(4) Kusrianto. A. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Penerbit ANDI ; 2007

(5) Soedarwanto, H. Tinjauan Proses Kreatif Mahasiswa Desain Produk Pada Proses Desain Tugas Akhir (Studi Kasus: Tugas Akhir Desain Produk Mainan). Narada ISSN : 2477-5134 ;2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.