Video Ads Handmade Shoes Backyiak Sungai Pua

Nadira Ramadhani, Hendra Afriwan

Abstract

Backyiak adalah brand yang  menghasilkan produk sendal sulam tangan dan bordir yang mewah. Perusahaan ini didirikan oleh bapak Hendri dan Muhammad Iqbal sejak tahun 2015, yang berlokasi di jalan di Sungai Pua, kabupaten Agam, Bukitinggi, Sumatera Barat. Tujuan perancangan ini adalah untuk mempromosikan produk yang dihasilkan oleh brand Backyiak. Namun, brand Backyiak belum adanya pengoptimalisasi promosi yang menyebabkan tidak dikenalnya dan tidak diminatinya brand Backyiak di Sungai Pua, terutama kalangan remaja dan ibuk-ibuk. Untuk menarik minat masyarakat terutama remaja dan ibuk-ibuk kepada brand Backyiak maka dibuatlah perancangan video motion  Backyiak yang dapat menvisualisasikan brand Backyiak yang lebih menarik dan memberi informasi kepada audience yang melihatnya. Metode perancangan video motion menggunakan perancangan pengembangan Glass Box merupakan metode berpikir rasional yang secara obyektif dan sistematis menelaah sesuatu hal secara logis dan terbebas dari pikiran dan pertimbangan yang tidak rasional (irasional. Metode ini selalu berusaha untuk menemukan fakta-fakta dan sebab atau alasan faktual yang melandasi terjadinya suatu hal atau kejadian dan kemudian berusaha menemukan alternatif solusi atas masalah-masalah yang timbul. Perancangan menggunakan metode Glass Box memiliki tahapan perancangan yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Tujuan karya utama video motion brand Backyiak dirancang secara   menarik, inovatif dan kreatif sebagai pembeda dengan compotitor lainnya, juga sebagai media sosiolisasi kepada masyarakat yang belum mengetahui brand Backyiak dapat tersampaikan dengan baik. Lalu di dukung media poster, feed Instagram, greating card, x-banner, totebag, paperbag dan katalog

References

F. G. Angga, "Perancangan Promosi Wisata BaharinPantai Mangganti Kebumen," Desain Komunikasi Visual, pp. 6-27, 2017.

I. H. Listyawati, "Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen," JBMA, vol. 3, no. 1, p. 64, 2016.

K.Hasanah, "Promosi Katalog Harga dan Keputusan Pembelian di Indomaret," Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 9, pp. 65-69, 2015.

M. Dr. M Anang Firmasyah SE, Pemasaran Produk dan Merek, Surabaya: Qiara Media, 2019.

N. Kabelen, "Perjalanan Dan Perkembnagan Videography dari Ilmu Hinga Menjadi Sebuah Profesi," Desain Komunikasi Visual Asia, vol. 4, no. 2, p. 79, 2021.

P. Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.